Penanganan Diabetes Pada Lansia

Penanganan Diabetes Mellitus (DM) Pada Lansia (Lanjut Usia)

Diabetes mellitus adalah salah satu jenis penyakit metabolik, di mana tubuh seseorang mengalami gangguan dalam pengendalian glukosa akibat tubuh kekurangan hormon insulin.Kekurangan hormon insulin tersebut bisa disebabkan karena faktor genetik (keturunan) maupun faktor lingkungan. Berdasarkan keduafaktor terebut, maka diabetes mellitus terbagi minjadi dua tipe yakni diabetes mellitus (DM) tipe 1 dan DM tipe 2.

Diabetes mellitus tipe 1 disebabkan karena faktor genetik, yang terjadi sejak usia kanak-kanak. Sedangkan diabetes mellitus tipe 2 dipengaruhi oleh faktor genetik serta faktor lingkungan, faktor lingkungan seperti pola makan yang tidak tepat yakni berlebihan dalam mengkonsumsi makanan-makanan dengan kadar glukosa yang tinggi. Makanan-makanan tersebut dapat mengakibatkan gangguan metabolisme glukosa dalam tubuh serta didukung dengan riwayat keluarga (keturunan). Diabetes mellitus tipe 2 ini banyak terjadi pada seseorang berusia dewasa hingga usia lanjut.

Diabetes Melittus (DM) Pada Lansia

Penanganan Diabetes Pada LansiaPenanganan diabetes pada lansia (lanjut usia) merupakan masa atau fase usia di mana terjadi bebagai perubahan yang berakibat pada terjadinya penurunan fungsional tubuh seseorang. Salah satu penurunan fungsi yang terjadi yakni penurunan produksi serta pengeluaran hormon yang diatur oleh enzim tertentu yang pada usia lanjut juga mengalami penurunan.

Salah satu hormon yang sekresinya menurun pada seorang dengan usia lanjut adalah hormon insulin. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor penyebab seseorang berusia lanjut mudah terserang penyakit diabetes mellitus (DM). Selain itu seseorang dengan berusia lanjut akan lebih mudah terserang penyakit ini karena menurunnya sistem kekebalan tubuh. Kondisi tersebut akan menyebabkan kerentanan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit termasuk penyakit diabetes mellitus (DM).

Diabetes mellitus pada lansia memiliki gambaran klinis dengan variasi yang lebih luas, yakni dari yang tanpa gejala apapun hingga dengan komplikasi yang nyata maupun gejala yang terkadang menyerupai penyakit atau perubahan yang umum dialami oleh lansia. Gejala yang dikeluhkan juga berbeda antara keluhan umum (polifagia, poliuria dan polidipsia) yang tidak ada pada pasien lansia diabetes mellitus. Gejala tersebut tidak dirasakan oleh lansia karena respon tubuh terhadap gejala atau perubahan karena penyakit mengalami penurunan.

Pada umumnya pasien diabetes mellitus usia lanjut datang berobat dengan keluhan penurunan fungsi penglihatan (katarak), sering merasa kesemutan atau kebas pada bagian tungkai, terjadi kelemahan otot atau neuropati periferdan luka yang sukar sembuh dengan pengobatan biasa. Sehingga penanganan yang diberikan juga berbeda-beda tergantung pada keparahan diabetes yang diderita pasien tersebut.

Penanganan diabetes pada lansia hampir sama dengan penanganan diabetes pada nonlansia, yakni dengan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar terhindar dari komplikasi akut seperti hiplogikemia dan dehidrasi ringan, serta komplikasi kronis sepertu penyakit jantung koroner, stroke, impotensi hingga kebutaan. Untuk lebih jelasnya akan kami sampaikan informasi

mengenai penanganan apa saja yang perlu dilakukan oleh para lansia yang memiliki penyakit diabetes.

Diagnosa Penyakit Diabetes Mellitus (DM) Pada Lansia

Penanganan Diabetes Pada Lansia dan DiagnosanyaDalam sebuah penelitian pada tahun 2006 dinyatakan bahwa hampir seperuh atau setengah penderita penyakit DM terdeteksi pada saat pasien/penderita berusia > 60 tahun, dengan prevalensi paling besar pada usia > 80 tahun. Diperkirakan juga bahwa pada tahun 2050 jumlah penderita penyakit diabetes akan mencapai jumlah kurang lebih 40 juta orang.

Diagnosa penyakit diabetes pada lansia ini juga akan lebih sulit dan cenderung lambat untuk ditegakkan karena gejala yang dialami cukup klasik seperti mengalami peningkatan frekuensi berkemih (poliuri), peningkatan frekuensi minum (polidipsi) serta peningkatan frekuensi makan (polifagi) yang tidak selalu tampak. Dalam beberapa kasus justru gejala yang tidak khas justru muncul, yakni seperti perubahan tingkah laku, agitasi, demensia, depresi, kelemahan, inkontinensia urin dan mudah sekali terjatuh. Sehingga dalam banyak kasus beberapa orang pasien tidak mengetahui dan menyadari bahwa dirinya menderita diabetes mellitus (DM) pada tahapan yang sudah lanjut.

Penanganan Diabetes Pada Lansia (Lanjut Usia)

Berikut berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani penyakit diabetes mellitus pada lansia atau seseorang dengan usia lanjut, yakni sebagai berikut :

  • Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Dengan mengontrol kadar gula darah dengan baik, risiko komplikasi makrovaskuar juga dapat dikurangi. Dalam melakukan pengontrolan tersebut tidak perlu terlalu ketat, terutama pada lansia mengingat risiko hipoglikemia yang mungkin terjadi. Pengontrolan kadar gula darah tersebut tergantung atau disesuaikan dengan status kesehatan dan kemampuan fisik serta mental pasien tersebut.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Penanganan Diabetes Pada Lansia Dengan Mengontrol Tekanan DarahMelakukan pengontrolan tekanan darah sangat penting untuk dilakukan dalam penanganan diabetes pada lansia, karena hipertensi (tekanan darah tinggi) menjadi salah satu faktor yang menyebabkan komplikasi mikrovaskular dan makrovaskular pada penderita diabetes mellitus (DM).

  • Mengontrol Lemak Darah

Diabetes mellitus juga dianggap menjadi salah satu faktor risiko yang setara dengan penyakit jantung koroner, sehingga penanganan diabetes pada lansia harus dikelola dengan sangat tepat dan disiplin. Salah satunya yakni mengontrol kadar lemak dalam darah, target yang harus dicapai yaitu kadar kolesterol LDL mencapai <100 mg/dl. Pada pasien lansia yang juga menderita penyakit pembuluh darah koroner, maka dianjurkan untuk mengontrol kadar kolesterol LDL hingga <70 mg/dl.

Penanganan Diabetes Pada Lansia Dengan Menggunakan TNO

Selain dengan menjaga pola makan, Anda juga dapat melakukan pengobatan penyakit diabetes ini dengan produk obat herbal TNO. Mengkonsumsi obat herbal untuk penanganan diabetes pada lansia jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia. Hal tersebut karena cara kerja pengobatan herbal adalah dengan memperbaiki fungsi dari sumber penghasil insulin itu sendiri.

TNOPengobatan herbal ini menggunakan bahan-bahan alami tradisional yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Produk TNO terbuat dari ramuan buah mengkudu yang baik untuk mengatasi penyakit DM tersebut. Buah mengkudu merupakan salah satu makanan untuk penanganan diabetes pada lansia, karena buah mengkudu memiliki kandungan senyawa proxeronine yang memiliki fungsi sebagai bahan baku dalam proses pembuatan xeronine dalam tubuh seseorang. Selain bahan buah mengkudu, TNO juga menggunakan bahan alami lain yang tentunya berfungsi untuk mengatasi penyakit DM.

Sehingga sebelum penyakit diabetes Anda memburuk, kami sarankan untuk memulai mengkonsumsi minuman herbal atau obat TNO ini sebagai salah satu cara penanganan diabetes pada lansia. Selain bermanfaat mengatasi diabetes, obat herbal alami tersebut juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh lansia. Jangan salah pilih dalam menentukan suplemen/obat untuk penyakit DM. Pastikan untuk menggunakan TNO sebagai pilihan tepat mengatasi penyakit DM.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai makanan yang tepat dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan sebaliknya. Semoga informasi mengenai penanganan diabetes pada lansia di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca. Selain dengan melakukan berbagai penanganan di atas, bagi penderita diabetes juga dapat dengan rutin mengkonsumsi produk TNO untuk menstabilkan kadar gula darah. Pastikan Anda mendapatkan produk TNO yang asli hanya melalui http://herbaldiabetesmelitus.com.

Lihat juga info mengenai Penanganan Diabetes Basah disini.

Penanganan Diabetes sampai diabetes sembuh gunakan TNO Penanganan Diabetes sampai diabetes sembuh gunakan TNO

Penanganan Diabetes sampai diabetes sembuh gunakan TNO - Murah

Mohon Diisi Pak/Bu

Nama Depan Anda

Email Anda

Undang Teman Anda ke Web Ini !

Penanganan Diabetes sampai diabetes sembuh gunakan TNO - Murah

Herbal TNO

Untuk Harga dan Cara Pesan Produk TNO Silahkan

klik

Penanganan Diabetes sampai diabetes sembuh gunakan TNO - Murah